Pengembangan Potensi Pemain Muda (Bagian 1)



Bagi saya pengembangan pemain muda merupakan salah satu aspek penting dalam Football Manager. Ingat kutipan dari salah satu founding father negara kita, "Beri saya 10 pemuda, maka akan saya taklukkan dunia." Berkaca dari pernyataan bung Karno, kali ini saya akan mencoba menjabarkan secara detail mengenai pengembangan pemain muda pada Football Manager 2013. Tulisan ini tidak dikhususkan hanya pada Football Manager 2013 saja, karena pada dasarnya setiap seri Football Manager memiliki kesamaan. Serta beberapa dari kalian mungkin memiliki cara yang berbeda dalam hal pengembangan pemain muda ini. Paling tidak berikut adalah cara saya dalam mengembangkan pemain muda.

Dikehidupan nyata, beberapa tim yang sukses melakukan pengembangan pemain muda dapat kita jadikan acuan, sebut saja Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Arsenal. Banyak pemain berpengaruh untuk timnya masing merupakan jebolan akademi Ajax, Barcelona, dan/atau Arsenal. Selain tentu saja mereka memiliki fasilitas latihan yang mendukung, pastinya dibarengi metode-metode pelatihan yang baik pula.
Hal tersebut berlaku juga pada Football Manager. Bahkan pada seri Football Manager 2013, metode training telah dipermudah dengan penambahan fitur spesifik attribut pada individual focus dan individual roles.
Karena saya juga merupakan pemuja Arsenal dan barang tentu sang pelatih Arsene Wenger, fokus kebijakan transfer lebih ke pengembangan/membeli pemain muda murah untuk selanjutnya bisa mengisi squad inti tim atau syukur-syukur dapat menjualnya dengan harga mahal. Disini akan saya ulas metode yang saya gunakan dalam hal pengembangan pemain muda.

Tutoring
Lebih kepada pembentukan kepribadian pemain.

Re-training
Pelatihan ulang dan perubahan posisi pemain sesuai attribut skillnya.

Perkembangan kemampuan skill pemain
Fokus pada peningkatan skill attribut pemain.

Taktik filosofi tim
Pastikan fokus latihan yang diberikan sesuai dengan filosofi taktik yang dipakai dalam tim.

Staff pelatih
Termasuk kedalam pemilihan staff pelatih.

PLAYER PERSONALITY & TUTORING

Setiap pemain muda tentu memerlukan model untuk dapat dijadikan acuan bahkan diidolakan. Salah satunya dengan cara tutoring. Yaitu menjadikan pemain senior untuk membimbing juniornya.
Dalam tutoring pemain, akan berpengaruh terhadap personality/kepribadiannya dan pada Players Preferred Moves (PPM). Personality dipengaruhi oleh hidden attribut.
- Adaptability
- Ambition
- Controversy
- Loyalty
- Pressure
- Professionalism
- Sportmanship
- Temperament

Selain hidden attribut diatas, beberapa mental attribut juga berpengaruh terhadap personality pemain. Yaitu:
- Determination
- Influence

Ini juga bisa dibilang hidden attribut. Hanya saja tidak berpengaruh terhadap personality seorang pemain.
- Consistency
- Dirtiness
- Important Matches
- Injury Proneness
- Versatility

Personality seorang pemain sangat penting di Football Manager meski seringkali banyak yang tidak terlalu memperhatikannya. Personality pemain berpengaruh antara lain kepada reaksi pemain terhadap team talk, chat, kehidupan diluar lapangan, dan didalam lapangan.

Dari hidden attribut diatas. Berikut adalah komposisi hidden attribut yang dibutuhkan dalam terbentuknya personality pemain.

Model Citizen Pro 18-20, Det 18-20, Pre 18-20, Amb 18-20, Loy 18-20, Spo 18-20, Tem 18-20
Model Professional Pro 20, Tem 10-20
Professional Pro 18-19, Tem 10-20
Perfectionist Pro 18-20, Det 18-20, Amb 18-20, Tem 1-9
Resolute Pro 15-20, Det 15-20, Pre 1-16 Spo 5-20
Temperamental Tem 1-4, Pro 1-10
Driven Det 20, Amb 10-20
Determined Det 18-19, Amb 10-20
Slack Pro 1, Det 1-9, Tem 5-20
Casual Pro 2-4, Det 1-9, Tem 5-20
Very Ambitious Amb 20, Loy 1-9, Det 1-17
Ambitious Amb 16-19, Loy 1-9, Det 1-17
Unambitious Amb 1-5, Loy 11-20
Honest Spo 20, Det 1-9, Pro 5-20
Sporting Spo 18-19, Det 1-9, Pro 5-20
Easily Discouraged Det 1, Amb 1-9, Spo 1-17, Pro 5-20
Low Determination Det 2-5, Amb 1-9, Spo 1-17, Pro 5-20
Unsporting Spo 1, Det 11-20
Realist Spo 2-4, Det 11-20
Very Loyal Loy 20, Amb 6-7, Det 6-20
Loyal Loy 18-19, Amb 6-7, Det 6-20
Iron Willed Pre 20, Det 15-20, Spo 5-20
Resilient Pre 17-19, Det 15-20, Spo 5-20
Spineless Pre 1, Det 1-9, Pro 5-20, Spo 1-17
Low Self-Belief Pre 2-3, Det 1-9, Pro 5-20, Spo 1-17
Light-Hearted Pre 15-20, Spo 15-20, Tem 10-20, Pro 1-17
Spirited Pre 15-20, Tem 10-20, Pro 11-17, Spo 1-14
Jovial Pre 15-20, Tem 10-20, Pro 1-10, Spo 1-14
Fairly Professional Pro 15-20, Det 1-14
Fairly Determined Det 15-20, Pro 1-14, Spo 5-20, Pre 1-16
Fairly Amibitous Amb 15-20, Pro 1-14, Det 1-14
Fairly Loyal Loy 15-20, Pro 1-14, Det 1-14, Amb 6-14
Fairly Sporting Spo 15-20, Pro & Det & Amb & Loy semua 1-14
Balanced Pro 1-14, Det 1-14, Amb 1-14, Loy & Spo 1-14
Born Leader Inf 20 & Det 20. Umur 23+ (jika belum mencapai umur 23+, akan menjadi Driven).
Devoted Loy 20 & Amb 6-7
Leader Inf 19 atau Inf 20 & Det < 20

Baca:
Amb = Ambition
Pre = Pressure
Pro = Professionalism
Loy = Loyal
Tem = Temprament
Spo = Sportmanship
Det = Determination
Inf = Influence

Maka personality pemain sangat penting dalam hal totalitas mereka untuk menjalani tugasnya, dalam hal ini latihan. Yang mempengaruhi apakah si pemain pekerja keras atau tidak bukanlah attribut determination, tetapi professionalism pada hidden attribut yang mempengaruhi kinerja totalitas seorang pemain dalam latihannya. Determination hanya berpengaruh atas kinerja pemain dilapangan alias ketika sedang bertanding. Ambition juga berpengaruh sih, tapi tidak lebih besar dibanding professionalisme pemain.

Jadi, mengacu dari ulasan diatas, inilah beberapa model personality yang baik dalam hal pengembangan potensi pemain.

Model Citizen - Ini bisa dibilang merupakan personality terbaik. Hanya saja sangat jarang menjumpai pemain dengan personality ini.
Resolute - Personality dengan professionalisme dan determination tertinggi.
Perfectionist - Personality ini juga memiliki determination, ambition dan professionalism yang tinggi. Tetapi lemah ditemprament.
Spirited - Memiliki tingkat temprament, pressure, dan professionalism yang baik.
Model professional/Professional/Fairly Professional - Memiliki professionalism dan temprament yang baik.


Personality diatas adalah beberapa model yang cocok untuk dijadikan sebagai tutoring pemain senior ke juniornya, dalam hal ini untuk menjadikan pemain dengan totalitas berlatih dalam proses mencapai tingkat maksimum potensial abilitynya (PA).

PLAYERS PREFERRED MOVES (PPM).

Selain kepada membantu pembentukan personality, fungsi lain tutoring juga penambahan terhadap kebiasaan pemain dilapangan, yaitu lewat players preferred moves yang diturunkan dari pemain senior ke juniornya.
PPM seperti dictates tempo, shoot with power, dan lainnya.

Untuk mewarisi PPM, perhatikan juga bagaimana filosofi permainan yang kita anut serta role/peran pemain itu sendiri karena PPM akan mempengaruhi gaya main si pemain dilapangan. Contohnya, seorang anchorman tidak cocok dengan PPM get forward whenever possible, karena tugasnya untuk tetap diam dibelakang midfielder tengah menjaga kedalaman lini tengah dan melindungi lini belakang.

Ada sekitar 43 PPM di Football Manager 2013 yang bisa didapat lewat latihan ataupun tutoring. Dari 43 PPM yang tersedia, ada 7 PPM yang hanya bisa didapat lewat tutoring.

*PPM yang ditandai merah hanya bisa didapat lewat tutoring.

Pada tutoring, kita akan menjumpai 2 pilihan tutoring.
Pilihan 1: I feel you can help improve his game - Mewarisi PPM, personality, mental attribute, membuat tutor (pemain senior) menjadi favourite personel si junior.
Pilihan 2: Take him under your wing and mentor him off the pitch - Mewarisi personality, mental attribute.

Dalam dunia sepakbola nyata, salah satu tim yang mungkin bisa kita ambil contoh dari penerapan tutoring adalah Barcelona dengan La Masia-nya. Bagaimana mereka tidak pernah habis menghasilkan pemain dengan tipe/model serupa. Xavi Iniesta baru akan terus bermunculan.

Wah sudah terlalu banyak tulisan, akan disambung dibagian selanjutnya. Umpan balik dan jikalau ada pertanyaan dan/atau ulasan yang perlu ditambahkan mengenai tutoring pemain, bisa disampaikan dikolom komentar. \o/

- Tulisan original dari sepikfootballmanager.blogspot.com

Comments

Postingan yang keren, dan sangat fokus gan.
Bagi saya menjalankan game FM, serta game sejenisnya (CM, TCM, dll.red) adalah dalam banget, alias kudu serius krna dari situ banyak ilmu ttg manajerial dr sebuah klub bola tentunya dan bisa survive untk menjadi manajer tanpa "sacked" atu dipecat adalah tantangan berikutnya.
Nah pa lagi,terkadang kondisi keuangan klub tsb tidak selamanya neraca keuangannya bagus terus, hal ini juga terkait kepiawaiyan dr sang manajer tentunya.
Pada case "pengembangan pemain usia dini" memang hal ini berawal dari kualitan "talent scout" yang dimiliki tentunya, jadi ketika mendapatkan pemain muda di musim berikutnya akan sebanding dg kualitas talent scoutnya tsb, dan ingat hal ini juga terus didukung dg "Youth Coach" atu "coach" dg label General serta fasilitas training didalamnya. namun bagi seorang manajer hendaknya sudah dapat diketahui sejak dini, data statistik awal seorang pemain muda. artinya tiap posisi pemain pastinya punya angka statistik minimal yang harus dimiliki oleh seorang pemain muda tsb sebagai calon pengganti di tim utama, atau nantinya hanya di jadikan sebagai lahan bisnis demi menunjang neraca keuangan sebuah klub tentunya.
Manfaatkan "feeder club", dari sini juga bisa didapatkan pemain muda yang memang bisa dan layak di rekrut serta di promosikan di "youth" atu tim "reserve".
Terakhir, kepiawaiyan seorang manajer dg pemahaman thd calon pemain bintang tu juga sangat berpengaruh.

Salam,
rois / erovero
my intermezzo said…
gan, bisa dibuat ulasan mengenai individual training yg tepat utk para pemain muda potensial, latihan apa yg tepat yg disesuaikan dg kelebihan yg dimiliki si pemain, supaya skil nya bisa lebih cepat berkembang & latihannya gak sia-sia. thanks.

Popular Posts