Financial Fair Play di FM dan Dunia Nyata

FM Lovers,

Sebenarnya artikel ini adalah artikel untuk IDFM Magz edisi 05. Anggap aja ini bocorannya buat kalian yang setia di blog ini ya. :D
Nah, bagi yang maen FM, pastinya kalian sudah mulai familiar dengan kalimat dari chairman club yang mewanti wanti kalian dengan profit dan loss pada email Board Confidence update di inbox kalian bukan.

image

Seperti yang kita ketahui bersama, FM14 mulai mengadopsi Financial Fair Play sebagai salah satu fitur baru di seri ini, dimana bisa kalian lihat. Pada tab informasi finance, sudah ada lembar baru yang bernama Financial Fair Play Summary yang menjelaskan secara singkat dan mudah dimengerti tentang fitur baru ini.

image

BIla kalian maen Football Manager, sebenanrnya sangat mudah. Selalu pastikan Current Profit dan Loss serta Projected Profit/Loss tetap di atas dari Allowed Loss for Period. Satu perriode sendiri adalah setiap 3 musim. Jadi maksudnya periode ini adalah Periode disini adalah periode untuk musim berjalan, dan 2 musim ke depan. Begitu seterusnya setiap musimnya.

Apabila kita bermain di dunia FM, hal ini bisa kita lakukan dengan cara :

· Menjaga gaji pemain sesuai budget.
· Jangan habisin budget transfer kalian. Bijak, gunakan sebisa mungkin hanya setengah dari yang di budgetin. atau kalau sudah deket, jual pemain biar meringankan keuangan tim.
· Menjaga prestasi selalu di level atas, karena uang hadiah kompetisi akan masuk berbanding lurus dengan tinggi rendahnya pencapaian tim kalian di kompetisi tersebut.
· Jika memang tanda-tanda projected profit mendekati loss. Mau tidak mau kita harus cerdik dalam bursa transfer. Menjual pemain dengan tujuan profit ataupun mengoptimalkan nilai kontrak pemain.

Tidak terlalu sulit dipraktekkan bukan di dunia FM ? bagaimana di dunia nyata ? Hehe, sabaar, Kita lanjutkan penjelasannya di Magz 05 ya :D.

==============================================================================================================================================================

\\Follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//

Post a Comment

2 Comments

Unknown said…
yang bikin gak karuan itu di FM14 ini gaji pemain mahalnya gak karuan.
pemain masih muda belia, main standar2 aja bisa minta gaji 25-25k Poundsterling per week. matih lah abis duit gaji. belum lagi pemain kunci. tadinya cuma 45-50k Pundsterling pas perpanjang gaji minta jadi 105k Poundsterling.
kalo g gitu doi minggat ke klub moncer lain. hopeless dah.
Gustav Mandigo said…
kalo di real life mungkin kaya wayne rooney gan. dulu cman 8k di everton, gabung man utd langsung minta 90k, abis gitu naik lagi jadi 250k. mungkin SI juga pengen nerapin yang kaya gitu, ego pemain dimunculin. Jadi kalo nggak diganjar ama kontrak gede doi pilih minggat :D