Current Ability dan Potential Ability di Football Manager.

FM Lovers,

sebagai seorang manager, pasti kalian sudah sangat mengenal dua kata diatas. Malah bisa jadi karena kalian sangat menjiwai kata tersebut, jika kalian sedang mengajarkan orang sesuatu, yang kalian bayangkan setelah kalian selesai memberitahunya adalah “Wah, CAnya sudah naik nih :D” (pengalaman pribadi)

 

Nah,agar kita berada di satu persepsi, mari kita mulai dengan definisi :

Current Ability atau CA. adalah angka tersembunyi yang diberikan kepada pemain dan staff yang berguna untuk menunjukkan kemampuan / attribute yang dimiliki saat game berjalan.
CA ini dapat berubah seiring dengan variable variable yang terjadi dalam game, yang secara umum akan meningkatkan stats seiring dengan bertambahnya usia dan jam terbang pemain. CA juga dapat turun jika pemain telah melewati umur masa puncak (peak), mengalami cedera berat yang berbulan-bulan, atau beberapa lama setelah dia mencapai PAnya.
CA memiliki range 1-200 dimana CA maksimum akan dibatasi dengan angka Potential Ability (PA).

 

Potential Ability atau PA.adalah angka tersembunyi yang berguna untuk membatasi seberapa besar CA bisa bertambah.
PA memiliki range 1-200, akan tetapi di pregame database, yang artinya database saat belum ada new game sama sekali. (bisa dilihat dengan menjalankan FM Editor). SI memberikan potensial tidak hanya berbentuk angka mutlak, dengan range 1-200 tadi, tetapi juga berbentuk angka negative. Sehingga bisa disimpulkan akan ada 2 jenis nilai PA. Yaitu Fixed dan Negative

 

Fixed PA, biasanya diberikan kepada pemain pemain yang memang telah terbukti di dunia nyata dan telah bermain di level top permainannya. Biasanya pemain tersebut di dunia nyata sudah menjadi pemain inti di timnya masing masing. Hal ini untuk menjamin kita saat melihat pemain tersebut di dunia game kalau pemain pemain tersebut benar-benar akan berkembang menjadi pemain bintang dan mencapai Potensialnya. Pemain pemain tersebut umumnya sudah memiliki reputasi di dunia nyata alias sudah lumayan lama dikenal oleh banyak orang. (btw, pemain yang memiliki PA paling tinggi di FM14 adalah Lionel Messi dengan PA = 199, kedua adalah Buffon dengan 194, tapi karena usianya udah masuk 35 sudah mulai menurun, ketiga adalah Cristiano Ronaldo dengan 193).

image

 

Negative PA, diberikan kepada pemain-pemain yang masih “baru”, atau biasanya tergolong wonderkid. Pemain ini biasanya baru kelihatan di 1-2 musim terakhir. Tetapi angka negative ini tidak akan tetap menjadi angka negative karena saat kita new game. Negative PA akan berubah menjadi Fixed PA dengan mengikuti range yang telah ditetapkan dari nilai negative tersebut. Rangenya dapat dilihat di keterangan dibawah ini.

  1. · -10 = 170-200
  2. · -9 = 150-180
  3. · -8 = 130-160
  4. · -7 = 110-140
  5. · -6 = 90-120
  6. · -5 = 70-100
  7. · -4 = 50-80
  8. · -3 = 30-60
  9. · -2 = 10-40
  10. · -1 = 0-30
  11. · Tambahan : 0 = 1-200

image

 

Hal inilah yang membuat saat kalian load pemain dari FMRTE, kalian tidak akan menemukan lagi pemain dengan nilai PA menggunakan angka negative. Jika kalian berkunjung ke Forum SI atau situs situs komunitas football manager, akan ada aturan yang melarang memberi informasi wonderkid dengan PA dalam bentuk angka fix, karena di setiap savean game kalian dan manager lainnya. Angka tersebut akan berbeda satu sama lainnya karena perubahan Negative PA ke Fixed PA bersifat random, dengan mengikuti kaidah range di atas.
Sebagai contoh : apabila Paul Pogba diketahui memiliki negative PA bernilai –10, maka saat new game, bisa jadi di savean saya nilai PA ini akan menjadi 184, sedangkan di savean kalian PAnya menjadi 200. Angka ini akan digenerate tetap mengikuti range –10, yaitu 170-200.

 

Penerapan Negative PA dan Fixed PA ini oleh SI, dilihat sebagai cara yang lebih flexible dan lebih fair bagi para researcher nya SI dalam menentukan potential bagi pemain tersebut di game. Dapat kita maklumi karena namanya wonderkid, akan berkembang seiring waktu dan jam terbang, sesuatu yang masih minim informasinya saat ini. Tetapi diharapkan, hal ini tidak menghalangi kenikmatan kita dalam meracik sang pemain agar tetap berkembang memenuhi potensinya.

==============================================================================================================================================================

\\Follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//
tulisan ini juga dimuat di artupoke.com

Comments

Popular Posts