FMFans Story : Sedikit kisah dari Alberto Scotta, Head Researcher Italia

Tahun 2004, Alberto Scotta (AS) melakukan wawancara dengan Demetrio Albertini (DA) sebelum Italia melawan Inggris.

AS : “besok anda akan bermain melawan Inggris, menurut anda siapa pemain terbaik di tim mereka ?”

DA : “saya sebelumnya sudah pernah bermain melawan Leeds beberapa minggu sebelum ini, dan mereka punya banyak pemain muda yang hebat. Saya pribadi mengagumi Alan Smith dan Olivier Dacourt.

Terlepas dari itu, tentu saja ada pemain terkenal dari Manchester United seperti David Beckham dan Paul Scholes.

Kemarin, manager memberi PR kepada kami (tim italia) tentang beberapa pemain muda inggris yang akan kami hadapi di pertandingan besok. Jadi saya akan instal CM yang kau berikan kepadaku dan akan kami lihat statnya bersama sama. Akan saya buat Manager terkesan dengan database yang besar dan akurat :D”

Alberto Scotta adalah Head Researcher untuk Italia dimana telah bekerja sama dengan SI lebih dari 15 tahun untuk menghasilkan data yang akurat dan detail. Dia membangun grup kecil berisi asistan researcher yang memberi banyak informasi, terutama pemain muda.

Albero Cassano (Bari), Giampaolo Pazzini dan Ricardo Montolivo (Atalanta) dan Alessio Cerci (Roma) adalah beberapa nama yang sudah duluan menjadi Wonderkid di Football Manager, dan di dunia nyata (seperti yang kita tahu) berkembang dengan sangat baik.

Banyak cerita yang dia punya saat menjadi Researcher, seperti saat dia melewati diskusi ketat dengan researcher lainnya tentang Current Ability (CA) seorang Zlatan Ibrahimovic. Saat itu, CA Zlatan hanya diberi angka 130, dimana pemain seperti Alessandro Del Piero dan David Trezeguet berada di kisaran 170. Dengan stat demikian, tentu Zlatan tidak akan dimainkan (Dalam FM tentunya) di tim sekelas Juventus, dimana di dunia nyata, dia sendiri merupakan pilihan utama Fabio Capello. Sampai ada researcher lainnya yang berkata “Paling statnya hanya sedikit lebih tinggi di atas Yksel Osmanovski”, sehingga Alberto berdebat untuk memperjuangkan stat Zlatan, seharusnya di sekitar 165-168. Yang akhirnya memberi dia kepuasan karena ternyata dia benar.

Cerita lainnya adalah wonderkid lainnya (yang dia dunia nyata berkembang dengan baik sekali) yang bernama Marco Verrati. Maro Verrati sendiri sudah terkenal sejak Football Manager 2010, walau saat itu Verrati “hanya” seorang pemain dari Serie B. dan sekitar tahun 2012, Verrati dipanggil untuk seleksi pemain yang akan ikut Euro 2012. Seorang pemain Serie B.

Mau lihat profil Alberto Scotta ? nih Profil LinkedIn nya :D

Kisah di atas adalah sedikit kisah yang bisa kalian dapatkan dari buku "Football Manager Stole My Lifes". Hmmm… dari kalian ada nggak kisah seru gara gara FM ? Silahkan kirim ke kita ya di id_fm@yahoo.com
Buku Football Manager bisa dibeli di Amazon.com

image

\\Follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//
tulisan ini juga dimuat di Artupoke.com

Comments

Popular Posts