Role & Duties - Goalkeeper - Part 1



GOALKEEPER
Role goalkeeper memfokuskan pada memainkan bola dengan aman, kiper memberikan bola kepada pemain yang berada di depannya. Apabila pemain yang didepannya tidak memiliki ruang yang bebas untuk menerima bola, maka kiper memilih untuk melakukan umpan panjang ke tengah lapangan dengan aman.

Goalkeeper akan mendistribusikan bola kepada pemain dengan cara yang berbeda-beda untuk tiap strategi yang dipilih. Untuk taktik yang lebih berhati-hati (cautious), dia akan segera melakukan clereance begitu mendapatkan bola sedangkan untuk taktik yang lebih agresif (aggressive) dia akan memberikan bola kepada pemain bertahan untuk memulai pergerakan bola.

KEY ATTRIBUTES
Defend
Goalkeeping: Aerial Ability, Command of Area, Handling, One On Ones, Reflexes
Mental: Composure, Concentration, Decisions, Positioning
Physical: Agility


SWEEPER KEEPER
Tujuan menggunakan role ini adalah untuk menyatukan 2 role menjadi satu, yakni goalkeeper pada umumnya dan sweeper. Selain menjalankan tugasnya sebagai goalkeeper pada umumnya, dia akan menyapu bola di daerah depan dan samping kotak pinalti, juga melakukan serangan balik dengan mengirim umpan langsung kepada pemain yang siap melakukan serangan balik.

Defend, sweeper keeper akan lebih berhati-hati, namun tetap memainkan tugasnya sebagai pemulai serangan balik ketika dia siap.
Support, sweeper keeper akan berada didaerah luar dekat kotak pinalti dan berusaha untuk melakukan passing serangan balik.
Attack, sweeper keeper akan melakukan gerakan diluar kotak pinalti dan sering menahan bola untuk memainkannya bersama para pemain disekitarnya.

KEY ATTRIBUTES
Defend, Support, Attack
Goalkeeping: Aerial Ability, Command of Area, Communication, Eccentricity, First Touch, Handling, Reflexes, Rushing Out
Mental: Composure, Concentration, Creativity, Decisions, Positioning
Physical: Acceleration, Agility, Pace

Comments

Popular Posts