Kick N Rush !!! by: Bengz Ryuzaki [ Manchester United ]


Hai pembaca yang budiman dan mudah-mudahan beriman. . .

Salam tampan *sambil ngaca

Kali ini gue bakal share formasi andalan gue selama ini, basicly formasi ini adalah (4-4-2 Diamond) yang gue kembangkan lagi menjadi formasi " Kick n Rush " yang selama ini dipake team yang gue tanganin selama maen fm 2014 ini.

Formasi ini akan bekerja ketika faktor komponen "ingin menang" dan "ketampanan" sudah mix, jadi maaf buat kalian yang memiliki faktor ketampanan dibawah rata-rata, sepertinya formasi ini belum cocok untuk kalian. 

OK cekidot!!!


Bisa kalian lihat diatas, formasi ini adalah cuztomisasi dari 4-4-2 Diamond yang tersedia, tapi gue lebih memilih mengadaptasi formasi penyerangan frontal dengan 2CWB ber-Duty Attack yang  bakal bikin pertahanan musuh galau, apakah 2 Winger atau 2 CWB yang akan mereka marking, sementara 1 Trequarista di tengah lapangan akan membuyarkan konsentrasi mereka.

Dengan mentality Attacking serta Fluidity Very Fluid, gue menciptakan skema Serang-Serang-Menang dengan Pertahanan Solid, karena dengan Very Fluid otomatis seluruh posisi pemain akan maju-mundur secara beriringan dan roaming untuk membantu penyerangan dan pertahanan, disini gue saranin untuk Fitness training lebih banyak sebelum menerapkan formasi ini. 

Sekarang kita masuk pada team instruction,



 -  Possession:

Disini gue menerapkan More Direct Passing sebagai ciri khas dari permainan Kick n Rush serta Pass Into Space yang nantinya para pemain akan lebih "berfikir" keras untuk positioning serta off the ball yang tepat dan akurasi pass yang terlatih dengan formasi ini, dengan Drill Cross dan Run at Defence kalian akan dapat terus menerus Serang-Bertahan dengan frekuensi tinggi dan meningkatkan Cohesion Team secara berkala. dapet banyak kan kelebihannya ?! ibarat pepatah, sekali gombal, 2-3 janda terjaring. Mwehehehehehe. . .  

-  Penetration:
Penetra. . . .ah sudahlah, kita singkirkan sejenak khayal bayang indah itu...

Gue selalu senang kalo nonton bola dengan gaya cepat dan mengacak-acak pertahanan lawan lewat sisi pertahanan mereka, karena itu gue menerapkan Exploit The Flanks dan Look For Overlap untuk 2 Winger dan 2CWB gue berkreatifitas sesuka mereka di sisi pertahanan lawan. 

-  Shape:
Pada poin ini gue memakai opsi Wide untuk bermain melebar bergantian dari kanan ke kiri dan Much Higher Defensive Line untuk lebih menekan gelandang lawan untuk bertahan dengan tujuan mematikan kreasi permainan mereka di tengah lapangan.

-  Defending:

Pada tahap ini kita akan bermain sedikit "agak" kasar, karena di poros defending instruction, gue kasih instruction : Hassle Opponent , Get Stuck In, & Use Tighter Marking ketiga opsi ini tidak membiarkan lawan untuk berkresi karena defending kita akan terus marking ketat, mengambil kesempatan merebut bola dan jika lawan memiliki kesempatan memiliki ruang gerak akan dijatuhkan seketika di tempat.

-  General:

Gue menerapkan Much Higher Tempo untuk tempo permainan tinggi yang gue mainkan, dan Be More Expresive untuk skuad gue terus berkreasi selama dalam pertandingan. 

Gimana broo? Jelas belum? kalau belum jelas gue curiga ijazah SD kalian nembak berarti.

Sekarang kita bakal masuk ke Player Instruction.

- CB (Right&Left) Duty: Defend

2 Center Back dengan marking ketat dan membuat lawan jatuh di tempat dengan persentase 60% membuat cidera dan 40% kartu kuning adalah momok lawan sekaligus resiko yang diambil dengan posisi ini.



CWB (Right&Left) Duty: Attack

2 Complete Wing Back dengan duty Attack adalah pilihan sepakbola modern saat ini, daya jelajah yang mumpuni ikut memberikan cross adalah salah satu strategi untuk mengacaukan pertahanan lawan.



- CM  Duty: Defend

Central Midfielder, disini harus memiliki consentration dan composure serta decision di atas pemain lainnya, karena di posisi ini, adalah jembatan penghubung antara Defend-Attack.



- Winger (Right)  Duty: Attack

Diposisi ini gue lebih memilih Winger sebagai motor serangan dari sisi kanan, dengan more Direct Passes dan Shoot less often, efektivitas winger lincah sangat mutlak diperlukan, diperlukan pemain dengan cross dan acceleration di atas rata-rata pada posisi ini.



- Trequarista  Duty: Attack

Trequarista adalah pemain dengan creativity di atas rata-rata pemain, karena dia adalah pionir yang bertugas untuk ikut mencetak goal, mebuka celah, serta memberikan passing mudah untuk penyerang, karena konsentrasi pemain bertahan lawan teralihkan ke sisi kanan dan kiri lapangan.                                               




- Advanced Playmaker (Left)  Duty: Attack

Advanced Playmaker lebih bersifat Roam From Position, walaupun tugasnya memanjakan penyerang dengan umpan akuratnya, pemain dengan role ini bisa memberikan "warna" kreasi serangan dimana ada F9 di depannya sebagai pengacau konsentrasi pertahanan musuh.



- Poacher  Duty: Attack

Poacher sangat diandalkan sebagi mesin goal di posisi ini, tugasnya mencetak sebanyak-banyaknya goal di dalam satu pertandingan dan menjadi target umpan dari kedua sisi lapangan.



- False 9  Duty: Support

Keunggulan bermain dengan penyerang yang bertugas sebagai False 9 adalah, sisi Playmaker dan Poacher dapat leluasa mencari ruang gerak untuk membobol gawang lawan sementara sang False 9 memposisikan dirinya sebagai penyerang yang menarik back musuh ke arah dimana ia berlari.



- GK  Duty: Defend

Masa ia posisi kiper masih harus gue jelasin?!



Oiya, sebagai tambahan dari penulis yang manis ini, alternative goal terbaik dari posisi ini adalah set pieces corner, dimana gue selalu memakai instruksi 6 Yard Box untuk attacking corner dan Salah satu Penyerang bertugas Challenge Keeper.

Catatan : ingat peringatan pertama, Face Factor sangat menentukan berhasil/tidaknya formasi ini. Dan akan banyaknya kartu yang kalian terima dengan terapan formasi ini.

Teruslah berkreasi dengan komposisi pemain dan strategi yang kalian rasa nyaman.

Keep Woles And Play Football Manager (,")9

Comments

Anonymous said…
Agan yang ganteng gue newbie pengen makek liverpool taktik yang jitu bisa makek apa ya ? Sekalian team instruction dan player instructionnya share dong hehe thanks.. :D
Anonymous said…
Gak bisa gan gak ada yg cocok coz
liverpool gak diterima dibumi.

Popular Posts