Menggunakan Wide Players untuk Menciptakan Ruang dan Mengkreasi Peluang


                   Menyerang dalam sepakbola, adalah, soal memaksa musuh meninggalkan ruang kosong dan kita memanfaatkannya semaksimal mungkin demi kemenangan tim. Soal bagaimana anda meletakan pemain-pemain yang tepat pada posisi-posisi yang tepat untuk menciptakan kombinasi gerak yang tepat antar lini dan posisi.

                Kebanyakan FMers, saat memasuki pembahasan ini, akan berpikir soal playmaker dan striker. Tidak salah, karena, pada kenyataannya ke-2 peran ini memiliki tugas yang sangat terhubung langsung dengan kreasi peluang dan menciptakan gol. Tapi, pada kenyataannya, bukan hanya playmaker dan striker saja yang bisa anda gunakan demi tujuan seperti yang dibahas di atas. Ada banyak hal lain, di antaranya, adalah, eksploitasi 2 sisi lapangan musuh. Bisa melalui attacking winger atau wing back. Yang kebetulan, khususnya bek sayap, sering menjadi posisi yang terlupakan untuk terkait pembahasan pada paragraf sebelumnya. Padahal, dengan maksimalisasi peran bek sayap, peluang anda untuk mendapatkan gol dan memenangkan pertandingan akan bertambah.

                Untuk memberikan sedikit ide bagaimana menciptakan ruang, mengkreasi peluang melalui wide players (sayap serang dan bek sayap), merupakan tujuan utama tulisan ini. Lebih spesifik lagi, sy akan gunakan kombinasi 2 Inside Forward dengan 2 wing back untuk saya tunjukan kepada anda.

                Saya memulainya, seperti yang selalu saya lakukan sebelum-sebelumnya, dari ide bermain. Yaitu, sebuah fase di mana saya membayangkan bagaimana tim harusnya bermain, bagaimana bentuk permainan tim yang disesuaikan dengan tujuan, serta, tentunya, bagaimana saya ingin pemain saya bergerak tanpa merusak bentuk dasar tadi. Kita langsung aja, kawans :
(1)    Saya ingin 2 IF saya agresif di depan, bermain narrow ke dalam, dan menjadi sumber gol utama tim. Saya pikir IF dengan role attacking akan jadi opsi yang tepat
(2)    Terkait poin (1), saya akan memberikan peran WB dengan duty attacking kepada 2 bek sayap, karena, akan banyak ruang kosong di ke-2 sisi pertahanan musuh akibat pergerakan 2 IF. Kenapa WB bukan FB? Untuk itu, anda bisa bandingkan sendiri dengan cara menganalisa definisi WB dan FB seperti yang dijabarkan Sport Interactive.
(3)    Untuk maksimalnya gerakan 2 IF dan 2 WB di 1/3 area musuh, saya akan membiarkan gelandang tengah untuk banyak bermain di luar kotak penalti musuh dan salah satu dari gelandang tengah tersebut akan saya “tarik lebih ke dalam” dibandingkan gelandang-gelandang yang lain. Tujuan saya, supaya tidak terjadi penumpukan pemain di depan.

Bagaimana rencana saya ini akan saya terapkan kepada para pemain, mari kita lihat bersama-sama. Kita mulai dari instruksi per pemain.

Player Instruction untuk ke-2 WB. Dengan Get further forward, saya berharap ke-2 bek sayap bergerak menyayat ke-2 sisi pertahanan musuh sedalam mungkin

Player instruction untuk ke-2 IFRoam from position memberikan banyak keuntungan saat menyerang. Ditambah Sit narrower saya berharap ke-2 sayap serang memancing bek sayap musuh untuk keluar dari posisi (dan menciptakan ruang di ke-2 sisi pertahanan).

Sekarang kita masuk ke analisa bagaimana kombinasi antar para pemain Dortmund mampu menerapkan dengan sempurna apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Screen-shot di bawah merupakan contoh pertama LWB Dortmund (Benito), bergerak jauh ke depan, memanfaatkan kreasi Brandt yang berdiri narrower dan kemudian comes deep untuk memancing bek musuh keluar dari posisinya.





Berikut contoh ke-2, bagaimana Julian Brandt dengan instruksi play narrower mampu mendapatkan ruang tembak hasil umpan Ivan Kujevic si Advance Playmaker.





            Satu lagi contoh lain saya berikan. Kali ini giliran sisi kanan Dortmund yang mampu memanfaatkan ruang yang tercipta hasil kombinasi gerak beberapa posisi berbeda. Aziz Jbari memanfaatkan dummy-move Ousmane yang diawali oleh Christian Reith.



            Semoga apa yang saya deskripsikan sejak awal tulisan, memberikan gambaran atau ide kepada anda, tentang bagaimana menciptakan menciptakan ruang kosong dengan memanfaatkan kombinasi gerak 4 wide players. Kombinasi gerak seperti ini memberikan variasi serangan bagi tim anda. Di pertandingan ini, para pemain Dortmund menerapkannya dengan sempuna. Kenapa? Karena, seperti yang saya inginkan, sumber gol akan difokuskan pada 2 IF. Dan, hasilnya? Mohammed Ousmane memborong 3 gol + 1 assist dan Julian Brandt membuat 1 buah gol. Sip. Tapi, lebih daripada itu, tulisan ini adalah soal bagaimana menggunakan wide players untuk menciptakan ruang dan mengkreasi peluang. Saya berharap anda bisa tangkap ide tersebut.

            Intinya, variasikan serangan anda sebanyak-banyaknya, kombo strategi anda dengan berbagai tak-tik yang bisa digunakan dalam banyak situasi pertandingan. FM adalah sebuah game, dan karenanya, hukum probabilitas banyak bermain di dalamnya. Temukan dan manfaatkan semua kemungkinan tersebut. Dan, anda bisa berharap, kemenangan akan semakin dekat dengan anda.

            Apa pendapat anda, FMers?


Ryantank100

Comments

amsyar suhaimi said…
http://fixmonthlypaid.com/?id=61791

Mahu cuba tactic mantop tanpa bolos

Popular Posts