Transfer dan Negosiasi Kontrak : Trik Memaksimalkan Dana yang Dimiliki Klub


Oleh : Rizki Dwi Senoaji


Berikut merupakan salah satu tulisan yang saya angkat berdasarkan diskusi yang dimulai oleh Rizki Dwi Senoaji.
Apa yg akan anda baca ini, termasuk tulisan-tulisan saya yang lain, mungkin bukan sesuatu yang wah, mewah. Tapi, bagi saya, tip seperti ini berguna dan “sangat memberikan” dimensi lain dalam bermain FM.

Tip seperti ini merupakan tip dasar yang mana sebaiknya dipahami oleh FM Manager. Karena, hal-hal dasar merupakan hal inti yang selalu menjadi hal esensial di sepanjang waktu. Jadi, saling berbagi hal-hal dasar merupakan sesuatu yang berharga, merupakan sesuatu yang bisa membawa kita ke level lebih lanjut. Bukan merupakan sesuatu yang wah, mewah, tetapi, sangat berharga.

Dari apa yang didiskusikan pada post tertanggal 21 Juni tersebut, sebagian orang menganggapnya “cheat”, sebagian lagi menganggapnya “Un-fair ME exploitation”. Saya pribadi tidak menggunakannya, kalau saya tidak dalam posisi benar-benar “jengkel” :-D tapi, saat anda menerapkannya dan berhasil, saya jamin, ada rasa puas yang anda rasakan. Puas banget.

Saya Copy paste langsung apa yang disamapikan bung Rizki, biar lebih terasa feel nya. Hehehe. Alibi mah itu, gan. Saya malas nulis ulang aja. Lagian, apa yang disampaikan sudah cukup deskriptif kok. Gak percaya? Ayo kita ke TeKaPe.
  
Misi gan ane mau share ni tips transfer dari ane, gimana caranya memaksimalkan budget yg agan punya :

Menurut ane ga perlu FMRTE buat transfer pemain,, posisi transfer ane ada di musim ke dua, setelah juara 2x seri A, 1 italian super cup, 1 liga champions, dengan dana di kasih board transfer budget 34.02m + (surplus penjualan pemain muda yg agak bagus tapi ga kepake dan pemain yg udh tua 6.55m.

Jadi TOTAL transfer budget ane sekitar kurang lebih 40,57m) dan wage budget 1.8m p/w.. ane bisa beli pemain dengan total biaya transfer budget 95.22m.

Kunci Pertama : Budget dan Trik
1_Board Initial Budget Football Manager6_Luke Shaw Transfer Information Trik Transfer Football Manager5_Kovacic Contract Negotiation Trik Transfer Football Manager4_Transfer History Trik Transfer Football Manager3_Kovacic Bid Trik Transfer Football Manager

Pertama tama kita bisa meminta bantuan scout untuk mengetahui harga pemain dengan cara mengklik get scout report di bagian profil pemain, dengan cara seperti itu kita bisa mengetahui harga pemain sekaligus gaji pemain yang kita incer.

Lalu kita masukin dulu pemain yg diincer ke dalam shortlist kita, dengan tujuan agar kita mendapat informasi transfer dari pemain yang kita incer, klo misal nya pemain yg kita incer ada penawaran dari klub lain, maka akan ada notif di inbox message, dan biasanya disitu kita bisa mengetahui berapa harga yang di tawar sama klub tersebut, hal ini lebih baik karna kita bisa mengetahui dari harga minimal si pemain, saya bilang harga minimal dan harga asli karna harga itu berbeda klo kita langsung mengajukan penawaran.

Pernah pengalaman saya kesal dengan harga transfer pemain, suatu kali saya menawar pemain tapi sama klub tersebut di tinggiin harga nya, setelah saya nyerah nyerah untuk melakukan penawaran, selang beberapa waktu, saya liat pemain ini udh pindah klub, pas diliat history nya, pemain tersebut pindah dengan harga yg jauh lebih murah dr harga yg saya tawar.

Kesalahan tersebut karna saya tidak menshortlist pemain tersebut (keburu di remove shortlist karna saya udh nyerah utk mendapatkan pemain tersebut).

Kunci Ke-dua : Scouting dan Shortlist


Setelah mengetahui harga sang pemain, langsung kita tawar pemain tersebut, saya disini akan memberitahu tentang memaksimalkan fungsi monthly instalments, dengan menggunakan fungsi monthly instalment kita akan lebih efisien dalam menggunakan transfer budget.(Perhatikan saran berikut ini). Dalam transfer menggunakan monthly installments yg harus kita lakukan adalah melakukan penawaran yang lebih tinggi dari klub lain, misal nya di photo MU menawar dengan harga 14.5 M, maka kita bisa menawar dengan total (potential value) 15M dengan perincian 7.5M cash dan sisanya ngutang.

Acuan kita adalah transfer budget cost yg berada di pojok kanan bawah (dekat tombol make offer) tetapi sebelum menawar langsung lebih tinggi, ga ada salah nya kita menawar lebih rendah dahulu dengan memanfaatkan tombol suggest term meskipun biasanya di tolak (namanya juga usaha).Setelah suggest term nya di terima oleh klub pemilik, lalu kita bisa mengajukan penawaran kontrak terhadap pemain


Kunci Ke-Tiga : Menawarlah karena anda merupakan Pembeli



Saya juga ada beberapa trik agar pemain mau menerima penawaran kontrak dari kita dengan memaksimalkan bonus serta klausul kontrak.


Kebiasaan saya dalam melakukan kontrak pemain yg pertama saya lakukan adalah meng-nol-kan agent fee, karna agent fee ini termasuk ke dalam transfer budget, agar sang agent setuju, hal ini bisa kita tutupi dengan cara menambahkan klusul sell on fee percentage 50%, selain itu biasanya jika saya memakai tim kecil saya juga memaksimalkan klausul yearly wage raise (kenaikan gaji per tahun) dan match highest earner clause.Setelah itu di bagian bonus kebiasaan saya adalah menghilangkan klausul unused subtitute fee (bayaran ketika pemain tidak dimainkan), sebab, hal ini akan merugikan wage budget kita. (kalo pikiran ane pribadi masa pemain ga dimainin kita tetep bayar).

Dan, untuk mengatasi nya, kita bisa memaksimalkan appearance fee dan goal bonus, atau jika pemain itu pemain bertahan atau kiper kita bisa memaksimalkan cleen shet bonus, selain kita bisa menghemat wage budget kita bisa lebih memotivasi pemain agar lebih sedikit kebobolan.
Selain itu jika pemain itu adalah striker kita bisa menambahkan klausul di bagian clause yaitu seasonal landmark goal dan top goalscore bonus agar lebih banyak mencetak goal dan jangan lupa untuk memaksimalkan team of the year bonus (jika memang sangat di perlukan)

Kunci Ke-Empat : Jangan Mau Rugi sama Pemain Sendiri


Muncul sebuah pertanyaan dari Ariesnanda Sugiarta :

Intinya kalo qt buat transfer dngn cara nyicil seberapapun itu jumlahnya pst bakal di sesuain keuangan nya sama chairman ya gan biar bisa lunasin smw. Trs skrng gmn kali misalnya club nya jd gk beprestasi, ato gk berlaga di ucl. Kalo klub agan itu kan sedang jaya2 nya pst deh di manjain sama chairman.

Dijawab seperti ini :

Ga berprestasi ga maslah, paling ngga kita mendekati sama apa yg board udh target kan, misal nya target nya juara, paling ngga kita masuk 3 besar, klo misal nya sampe ga masuk UCL pdhl target juara ya resiko nya lgsg ke menejer, palingan di pecat.. menurut ane itu ga masalah asal kan board nya masih senang dengan kita, klo board seneng ane yakin duit ga masalah, menurut ane itu tinggal gimana caranya agan memikat hati sang board aja dengan berprestasi.
2_Kovacic Bid Trik Transfer Football Manager

Pertanyaan beikutnya dari Andi Setiawan (the Swansea Man) :

Transfer fee percentage itu bukannya bagian dari transfer selanjutnya?Misal, pemain kita ada klausul transfer fee persentage 50%, kemudian si pemain pindah ke klub lain dg biaya transfer 20M. Perinciannya 10M ke klub dan 10M ke pemain+agent.Rugi kan ?

Dijawab seperti ini :

Nah itu dia, dengan trik ini kita bukan profit tujuan nya, tapi pemain bintang yg kita beli kita harapkan bisa menjadikan pemain itu loyal terhadap klub, dan klo misalnya di jual lagi, ya kita usahakan agar nilai nya 2x lipat dari harga beli dengan cara menaikan harga di "asking price" jadi bisa balik modal..

Hal yang biasa di lakukan oleh tim AI klo di tim nya ada pemain dengan klausul seperti itu yaitu melepas pemain dengan free transfer, bener2 loyal pemainya sampe tua.
Kaya luke shaw ane yg ane beli 35m, ane patokin harga nya jadi 80m

Andi Setiawan lantas merespon dengan :

Ok ok , bisa diakali dg cara iniPemain baru yg kita datangin biasanya ada kemungkinan besar jadikan kita sebagai favorite personal, ketika kita udah jadi favorite personal, suruh pecat agentnya (free agent artinya bebas biaya agent) trus kita perbarui kontraknya dg penghapusan klausul fee percentage.

Pemecatan agen kan blum bisa kita lakukan sblm dia jadi pemain kita. Beda cerita klu dia jadi pemain kita, dan favorite personalnya kita. Mantap bang.



Transfer merupakan salah satu aspek utama dalam manajemen sepakbola. Karena, transfer merupakan bagian dari pengembangan.tim. Fokus pada taktik merupakan sesuatu yang sangat mengasyikan. Analisa pada Attribute adalah hal yang sangat menarik perhatian saya. Saling tawar-menawar dalam proses transfer, merupakan hal yang menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri saat anda bisa dapatkan apa yang anda mau. Keberhasilan taktik sudah jamak, guys. Tiap 3-7 hari kita bisa mendapatkannya. Tapi, tawar-menawar dan keberhasilan memenangkan proses tawar-menawar hanya terjadi 2 kali dalam satu tahun dan berlangsung dalam jangka waktu singkat.

Selamat malam. SalamFM.


Ryantank100,

Kredit kepada Rizki Dwi Senoaji

Comments

Afrian Anggara said…
Wah tips bgus nih ane jrang pke Sell On fee percentage soalnya kdang dtwar klub bsar klo gk dturutin jd unhappy berpengaruh ke permainannya
+ bgi klub kecil pnya wonderkid trus djual dpt uang bnyak hehe

Oh iya kn setiap nego gaji kdang ada pmaen yg mnta yearly salary raise bhkan smpe 15% minimal emng klo gaji kcil sih gk ngaruh bnget coba klo gaji yg gede tgl kalikan sja :3

itu gmna ya ngatasinnya
Afrian Anggara said…
This comment has been removed by the author.
emo said…
Min ada kagak fmrte gratis
Anonymous said…
buat ngatasin yearly salary raise 15% bahkan lebih.. bisa di maksimalin sell on fee percentage yg sampe 50%, hampir 95% klo sell on fee percentage nya 50% kemungkinan deal.. klo ga deal, tambahin bonus goal sama bonus per match % bonus top skor/clean sheet// cmiiw

Popular Posts