FM Story gaya sinetron

Part I - Ketika dunia nyata bertemu dunia FM

Perkenalkan nama gue Laksmana Wirangga, ini adalah catatan harian dari petualangan manajer sepakbola jadi-jadian. Perlu dicatat ya ini cerita fiksi, ada beberapa informasi yang sesuai, tapi banyak juga yang ngasal buat pemanis cerita aja.

Gue lahir di Jakarta 19 Oktober 1987, ya untuk manajer ini umur yang terbilang masih muda banget. Gue sangat tergila-gila dengan sepak bola sejak kecil, tapi ada kekurangan yang paling menyedihkan, fisik gue gak cocok buat jadi pemain sepak bola *nangis guling-guling*.

Tapi ternyata hal itu gak memutuskan semangat gue buat terus berkecimpung di dunia sepak bola guys, di umur gue yang terbilang muda gue sudah punya lisensi B Nasional. Memang bukan suatu hal yang wah, tapi sudah bisa jadi langkah awal untuk menuju karir kepelatihan yang lebih baik.


Taktik kesukaan gue adalah 3-5-2, terinspirasi oleh taktiknya Mazzari yang menekankan penetrasi lewat sektor sayap dengan permainan yang lebih mengutamakan possession. Lambat laun akhirnya gue lebih cocok dengan taktik LvG (Louis Van Gaal) 3-5-2 tapi lebih menekankan total football. Oh iya, gue adalah salah satu penggemar klub SSC Napoli, jadi wajar ya kalau gue lebih banyak melakukan perbandingan dengan klub favorit gue.

1. Profil Manajer Gadungan
Tapi pada kenayataannya sih karir manajer gue gak semulus omongan tadi... Udah beberapa kali gue apply di klub semenjana Jerman & Belgia. Alasan gue lebih memilih negara itu adalah karena gue berencana untuk ambil kuliah S-2 di Aachen, Jerman. Lumayan selain jadi mahasiswa bisa kerja sambilan jadi manajer klub. Sempat ada panggilan interview dari Royal White Star Bruxelles, tim kasta dua Belgia. Ya menyedihkan memang hampir 20 surat lamaran ke klub kasta dua kebawah, hanya dipanggil satu dan itu pun ditolak *elus dada* *dada ayam* *ayam kampus*.

2. Proses Interview

3. Profil Klub yang nolak gue
Alasan kenapa gue ditolak? Kalian pasti tau kalau selalu ada langit diatas langit, selalu ada yang lebih baik dari kita... Dan biasanya klub profesional, khususnya luar negeri cari orang yang berpengalaman, bukan kaya gue yang baru lulus kuliah setahun, kerja bukan di bidang sepak bola, lisensi kepelatihan pun masih belum mumpuni... Memang inilah derita sarjana ngawur macam gue.

4. Orang yang menghancurkan hati gue
Waktu demi waktu berlalu, musim pun berganti, Spongebob juga sudah ada episode baru, dan kulit pisang pun sudah ada ekstraknya, oke omongan ini sedikit absurd-_- Akhirnya tanggal 3 Januari gue dipinang klub asal Jakarta, Persija. Dalam tempo 3 hari, tanggal satu gue apply, tanggal 2 dapat panggilan interview dan tanggal 3 sudah tanda tangan kontrak sebesar 1200 euro atau sekitar 18,5 juta rupiah. Plis ini gajinya kegedean-_- Sedikit heran juga bisa di hire Persija, padahal dia ditanganin Benny Dollo dan status gue juga bukan pelatih anyar macam Indra Syafri. Mungkin FM sedang baik sama gue.

Akhirnya gue harus merelakan kuliah S-2 diluar negeri dan mencoba ambil beasiswa S-2 di ITB, semoga diterima *semoga do'ain yang baca*. Dan karena Persija termasuk klub papan atas, gue sudah memikirkan untuk ambil lisensi A. Semoga harapan klub ke gue buat bawa Persija dari posisi 11 klasemen sementara jadi posisi 5 besar, semoga bisa terwujud atau pencapaiannya lebih baik dari apa yang diharapkan. Wish me luck!

5. Welcome Laksmana Wirangga at Persija!

6. Klasemen sementara ISL



Comments

Popular Posts