[Artupoke's Team Talk] : Apakah Dominasi Football Manager Akan Berlanjut ?

Tulisan ini pertama kali dimuat oleh penulis di Tech in Asia
All-New-Line-up_thumb.png
Sesuai dengan pengumuman artikel Football Manager 2016 Akan Hadir di PC dan Mobile Akhir Tahun Ini sudah memastikan bahwa Franchise Football Manager akan meluncurkan edisi ke 12 nya setelah berpisah dengan Eidos di tahun 2003.
Di kesempatan ini, kita tidak membahas dulu fitur fitur terbaru yang akan muncul di FM16, tetapi saya ingin menyoroti kemungkinan apakah Football Manager dari Sports Interactives ini, akan kembali berlari sendirian di ranah Simulasi Management Sepakbola untuk desktop Gaming (PC & Mac).
Para Pesaing Berguguran….
Saya menyorot hanya 2 pemain besar yang (sebelumnya) bertahan lama dalam merebut kursi dari Sport Interactives, yaitu Eidos (sang mantan) dan Electronic Arts Game. Saya tidak menyebut Code Master dengan seri LMA Manager karena mereka menyasar ke console.
Championship Manager dari Eidos. Btw, jika kamu dulu pernah melewati masa berjam-jam tenggelam memainkan series Championship Manager. Berarti kamu sudah tua !
Seri Championship Manager yang sebelumnya berjaya sampai terjadi perpisahan antara Eidos dan Sport Interactive, secara pelan tapi pasti tidak mampu mengimbangi penjualan Seri Football Manager sehingga berhenti di edisi Championship Manager 2010.
Pesaing terakhir dari Football Manager ini adalah jajaran produk dari Electronic Arts yaitu diantaranya FIFA Soccer Manager 1997, seri FA Premier League Manager, Seri Total Club Manager, sampai yang terakhir seri FIFA Manager.
Walaupun segi gameplay FIFA Manager mampu memberikan sentuhan yang berbeda karena juga memberi kebebasan untuk ranah finansial dan kehidupan pribadi seorang manager, ternyata tidak cukup untuk menarik hati gamer penggemar genre ini. Sehingga akhirnya mengibarkan bendera putih setelah menerbikan FIFA Manager 2014.
Epilogue
Sampai seri terakhir, Football Manager 2015 sudah berhasil menembus 1 juta kopi. Pesaingnya ? entahlah. Saya merasa di semua aspek hidup, adanya kompetisi adalah hal yang wajib untuk memacu kita untuk selalu lebih baik, begitu juga di industri ini.
Dari sisi gamer sebagai konsumen. Apakah menurutmu ini masih bisa memberi dampak baik ? Atau kamu sudah melihat adanya game lain yang punya potensi mengganggu hegemoni Football Manager di PC & Mac ?
========================================================
\\follow me @Rtupoke or subscribe this blog ya FM Lovers. Keep Sharing//

Comments

Mau nyumbang taktik boleh?
Artupoke said…
Monggo gan, email ke redaksi.idfm@gmail.com ya

Popular Posts