Memaksimalkan Peran DoF dalam Transfer Pemain di FM 2017

Monci (sumber foto: goal.com)





Baru-baru ini kesebelasan AS Roma mendatangkan Monchi sebagai Director of Football (DoF)mereka yang baru. Situs kumparan menuliskan bahwa kedatangan mantan Dof Sevilla tersebut adalah "Transfer Terbaik AS Roma". Mengapa mereka mengatakan hal tersebut?

Monchi diketahui sebagai otak dari suksesnya aktivitas transfer Sevilla. Layaknya FM, mereka membeli pemain muda berbakat, lantas dijual dengan harga tinggi dikemudian hari. Contohnya adalah Dani Alves, Carlos Bacca, Sergio Ramos, Jesus Navas, Alberto Moreno, Luis Alberto, dan Jose Antonio Reyes yang dapat dikatakan sukses dalam karir mereka di klub lain setelah berseragam Sevilla terlebih dahulu.

DoF dapat dikatakan sebagai tangan kanan manajer untuk merekrut pemain. Scout mencari, Dof merekomendasikan hasil dari scout. Lantas bagaimana cara memaksimalkan peran DoF dalam transfer di FM 2017?

Penulis akan beritahu caranya. Memang bukan menggunakan jasa Monchi, melainkan Massimo Andreantini, DoF milik klub San Marino Calcio.Memang tak sebaik kemampuan Monchi, namun perannya cukup vital membantu penulis menemukan pemain bertalenta untuk menjadi punggawa San Marino Calcio. Berikut langkah-langkah menggunakan DoF:

Masuk ke menu Transfer, lalu pilih Director of Football--Bila belum memiliki DoF. Silahkan datangkan terlebih dahul--Kemudian pilih Suggestions



Lalu pilih Request Suggestions, disitu nanti akan keluar menu pop up baru berupa pilihan bertuliskan "Suggest Transfer Target"


Di menu pop up ini, kita bisa memilih kategori pemain. Apakah dari Transfer, Loan (pinjam), End of Contract (kontrak berakhir), Free transfer (gratis). lalu kotak sebelah kanan ada pilihan posisi yang diinginkan, dan terakhir adalah role yang dipilih. Contohnya ada di gambar di bawah ini.


Setelah itu akan muncul list pemain yang kita inginkan:


Setelah muncul anda bisa langsung untuk mengirimkan scout atau pemandu bakat untuk menilai pemain yang disodorkan oleh Dof. Kalo cocok yah segera datangkan.

Selain itu DoF juga memiliki peran lain. Yakni ikut memberikan kontrak kepada pemain yang kita inginkan dalam bursa trasnfer. Bila beruntung nilai kontrak yang disodorkan bisa jauh lebih murah ketimbang kita yang memberikan kontak. Adapun caranya sebagai berikut:

Misalnya ada pemain yang sedang free transfer, namun saat nego sepertinya harga kurang cocok. Kita bisa meminta bantuan DoF untuk memberikan tawaran kontrak. Caranya: Pilih Transfer pada pemain yang dituju, lalu pilih Add as Transfer Target. Kemudian pilih Autimatic pada Status Squad, Max Offer dan Max Wage:



Status pembelian apakah berhasil atau tidak dapat dicek di menu Director of Football. Kalo gagal ada tulisan Failed. Kalo sukses yah berarti sudah menjadi bagian dari tim kamu.


Akhir kata. Selamat mencoba. Menu suggest DoF biasanya bekerja saat bursa transfer dibuka.



Post a Comment

0 Comments